Advertisement here

Add third-party functionality or other code to your blog.

Saturday 20 June 2015

Tari Gambir Anom

0

Asal usul sejarah tari gambir anom – Kesenian daerah yang ada di seluruh nusantara berbeda beda jenis dan bentuknya. Baik itu dalam bentuk tari, musik, adat istiadat, maupun bentuk rumah dan senjata tradisional.
Namun, seiring berkembangnya zaman modern saat ini semakin berkurang para pelestari dari kaum pelajar maupun pemuda dan pemudinya. Salah satunya yaitu 'tari Gambiranom'.

Tari Gambir anom jawa tengah

Saat ini amat jarang ditemui para penari putra terutama putra tunggal untuk menarikan dan membawakan sebuah tarian Gambiranom. Malah kebanyakan yang dibawa adalah berasal dari kaum putri atau wanita.
Padahal, tari tersebut adalah tari putra tunggal alus. Tari gambiranom menceritakan anak Arjuna yang sedang di mabuk kasmaran (jatuh cinta) pada pasangannya. Dalam tari ini juga di ulas gerakan sedang menyisir (merapikan) rambut, memandangi potret pasangan, dan lain lain.

Tari gambiranom merupakan tari klasik yang merupakan Gaya Surakarta dan Yogyakarta (kontemporer/peraduan). Bentuk tari ini termasuk bentuk Tari tunggal putra Alus. Iringan musik menggunakan Gamelan khas Yogjakarta. Properti berupa Sampur dan kostum terkesan mewah,dikarenakan tarian khas keraton (klasik) yang sudah dibakukan gerakannya dan tidak dapat di ubah-ubah.
Tari Gambir Anom, sebuah tarian klasik dengan gaya lemah lembut. Setelah itu, mereka menarikan irama-irama yang sedikit rancak. Yang unik dari tarian ini adalah ikut sertanya para penonton atau tamu untuk menari bersama dengan penari Tayub. Tamu yang dipandang terhormat biasanya akan didaulat ikut menari dengan ditandai dikalungkannya sebuah sampur.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting